Pages




SYARAT DAN KETENTUAN
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI)
PHISYCS IN ACTION 2016

I.    Syarat
            1. Peserta
Pelajar SMA/Sederajatberkelompok yang terdiri dari 3 orang dan melampirkan Kartu Pelajar atau identitas diri sejenis Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
Setiap tim hanya boleh mengirimkan 1 (satu) Karya Tulis Ilmiah.
2. Syarat Penulisan
a. Judul bebas, harus sesuai / berkaitan dengan tema dan sub tema
Tema          :  Fisika Sebagai Ilmu Dasar Pengembangan Sumber Daya (Alam dan
Manusia)
Sub tema:  
                        1. Aplikasi Fisika dalam Pengembangan Tekhnologi Komunikasi Dunia
                        2. Peranan Pembelajaran Fisika Sebagai Upaya Pembentukan Karakter
                        3. Upaya Peningkatan Produksi Industri Melalui Aplikasi Fisika
                        4. Penanganan Masalah Global Warming Melalui Penerapan Ilmu Fisika
                        5. Pembelajaran Fisika yang Ideal untuk membentuk Siswa yang aktif, kreatif
                        dan Inovatif.
b. Karya Tulis ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
c. Tulisan dalam format karya tulis meliputi:
1. Halaman judul
2. Abstrak
3. Kata Pengantar.
      4. Daftar isi.
      5. Daftar lain (Jika ada. Misal: Daftar Tabel, Grafik, Gambar dll)
      6. Bab I Pendahuluan
Pendahuluan berisi: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan,
manfaat penulisan, sistematika penulisan.

7. Bab II Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka merupakan kerangka konseptual berisi batasan/konsep/teori yang mendukung penulisan yang dapat diperoleh dari jurnal penelitian, buku, atau sumber-sumber lainnya.     
 8. Bab III Metode
Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/prosedur yang benar yang  digunakan dalam penulisan karya ilmiah yang menguraikan secara cermat cara/metode pengumpulan informasi dan atau data, analisis informasi dan atau data, penarikan simpulan, serta merumuskan saran. Metode penulisan dapat mencakupi: pendekatan penulisan, sumber penulisan, sasaran penulisan, tahapan penulisan.
9. Bab IV Hasil dan Pembahasan
Uraian hasil kajian, temuan, ide dan rencana pengembangan yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan.
10. Bab V Penutup
Penutup berisi simpulan dan saran yang direkomendasi.
11. Daftar Pustaka
Referensi/sumber acuan yang digunakan dalam karya tulis ilmiah. (bisa buku, jurnal, internet atau sumber lainnya baik bahasa asing atau Indonesia).
12. Lampiran-lampiran 
Biodata peserta terdiri atas: nama, tempat dan tanggal lahir, Nomor Induk Siswa (NIS), nama sekolah, prestasi/penghargaan dalam menulis.
Foto kopi Kartu pelajar yang masih berlaku.
Lampiran lain yang diperlukan.

d. Tulisan menunjukkan kadar reflektif dan intensitas yang tinggi terhadap masalah/ problem yang dibahas/ dibicarakan serta ditulis dalam bahasa yang komunikatif.
e. Karya tulis merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan.
f. Karya tulis diketik dengan menggunakan huruf Times New Romanukuran 12, spasi 1,5.
g. Ditulis pada kertas A4, dengan lebar margin kiri 4 cm, margin kanan 3 cm dan margin atas 4 cm dan bawah 3 cm. Panjang karya tulis maksimal 15 halaman (tidak termasuk cover, daftar isi dan kata pengantar)
h.Penulisan No. halaman di pojok kanan bawah menggunakan angka 1,2,3....dst, kecuali kata pengantar, daftar isi dan daftar pustaka.

2.Sistematika Naskah Karya Tulis Ilmiah

 Sistematika penulisan naskah Karya Tulis sebagai berikut ini:
a.      Halaman judul
Halaman judul menyajikan: Sub tema kajian, judul tulisan, nama penulis/penyusun, tujuan LKTI, nama sekolah, kota, bulan dan tahun.
b.      Abstrak
Abstrak berisi uraian singkat karya tulis ilmiah yang meliputi: latar belakang, tujuan, manfaat, metode penulisan, hasil dan saran yang direkomendasikan. Abstrak ditulis 1 spasi, maksimal 300 kata.

     c. Kata Pengantar.
     d.  Daftar isi.
     e.  Daftar lain (Jika ada. Misal: Daftar Tabel, Grafik, Gambar dll)
f.     Bab I Pendahuluan
Pendahuluan berisi: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, sistematika penulisan.
g.      Bab II Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka merupakan kerangka konseptual berisi batasan/konsep/teori yang mendukung penulisan yang dapat diperoleh dari jurnal penelitian, buku, atau sumber-sumber lainnya.
h.      Bab III Metode
Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/prosedur yang benar yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah yang menguraikan secara cermat cara/metode pengumpulan informasi dan atau data, analisis informasi dan atau data, penarikan simpulan, serta merumuskan saran. Metode penulisan dapat mencakupi: pendekatan penulisan, sumber penulisan, sasaran penulisan, tahapan penulisan.
i.        Bab IV Hasil dan Pembahasan
Uraian hasil kajian, temuan, ide dan rencana pengembangan yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan.
j.       Bab V Penutup
Penutup berisi simpulan dan saran yang direkomendasi.
k.      Daftar Pustaka
Referensi/sumber acuan yang digunakan dalam karya tulis ilmiah.
     l. Lampiran-lampiran 
Biodata peserta terdiri atas: nama, tempat dan tanggal lahir, Nomor Induk Siswa (NIS), nama sekolah, prestasi/penghargaan dalam menulis.
Foto kopi Kartu pelajar yang masih berlaku.
Lampiran lain yang diperlukan

II. Ketentuan

PENYERAHAN NASKAH
v  Peserta terakhir mengumpulkan naskah KTI pada tanggal  30 September 2016 dapat dikirim melalui via pos atau dapat diantarkan langsung ke Sekretariat Himapfis Unsri Inderalaya
v  KTI yang dikumpulkan dan diantarkan langsung ke Sekretariat Himapfis Unsri , berupa Hardcopy + Soft Copy
( dalam bentuk CD ) besertaBukti Pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp 150.000 per tim ( 3 orang ) dikirim ke rekening Bank BRI Syariah a.n Marleni 1007645108.
v Bagi peserta yang mengirimkan KTI melalui e-mail harus mencantumkan Nama Sekolah, Nama anggota tim, formulir, dan mengirimkan KTI dalam bentuk attachment, serta melampirkan scan bukti pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, peserta harus mengirim sms ke panitia dengan format : (nama sekolah)_no.resi pembayaran_tanggal pembayaran.

v Dokumen yang harus dikirimkan adalah terdiri dari :
-          Formulir Registrasi (Formulir) yang telah diisi.
-          Karya Tulis Ilmiah , dalam bentuk Tulisan (Bahan Word) yang jelas dan mudah dibaca.
-          Bahan Presentasi , dalam bentuk Power Point (Bahan PPT) sebagai bahan apabila masuk dalam 9 besar.
-          Surat Pernyataan Keaslian Karya Tulis (Pernyataan) yang ditandatangani, bahwa Karya Tulis Asli dan Belum Pernah dipublikasikan.
-          Biodata Penulis (CV).
-          Scaning Identitas Diri (ID) dalam bentuk Kartu Pelajar.
v  Peserta yang mengantar langsung dan Melalui Via Pos
-          Karya Tulis dibuat dalam rangkap 3 ( Tiga ) berkas berjilid Cover dan sebuah Softcopy dalam bentuk CD.
-          Warna jilid cover yang dipakai :
*      Subtema 1: warna biru
*      Subtema 2: warna kuning
*      Subtema 3: warna merah
*      Subtema 4: warna hijau
*      Subtema 5: warna putih
-          Biodata (Curriculum Vitae),
-          Fotokopi Kartu Identitas Diri (Kartu Pelajar), dan
-          Surat Pernyataan yang ditandatangani, bahwa Karya Tulis adalah Asli dan Belum Pernah dipublikasikan;
Semua berkas di atas, dimasukkan dalam amplop Coklat bertuliskan “Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/SMK/MA Se-Sumatera 2016.” di sebelah kiri atas serta mencantumkan Nama Sekolah asal.
v  Batas akhir pengumpulan naskah Karya Tulis Ilmiah adalah30 september 2016, sebelum pukul 15.00 WIB.

KETENTUAN TAMBAHAN
v  Karya tulis dapat dimiliki dan dipublikasikan oleh pihak panitia.
v  Tim Dewan  juri akan menetapkan pemenang berdasarkan hasil penilaian naskah dan Presentasi karya tulis ilmiah.
v  Naskah Karya Tulis terbaik dari Masing-masing Sub Tema akan langsung dipresentasikan di depan  dewan juri untuk memperoleh juara I, II, dan III serta juara Harapan I, Harapan II, dan Harapan III . Peserta mempresentasikan  KTI nya di depan juri dengan durasi 15 menit/ tim dan 10 Menit tanya jawab pada tanggal 8 Oktober 2016 di Aula fkip ogan unsri palembang
v  Penilaian  isi Naskah Karya Tulis Ilmiah dan Presentasi Peserta, dilakukan langsung oleh setiap anggota Tim Dewan  Juri . Penilaian  isi Naskah Karya Tulis Ilmiah dan Presentasi Peserta, dilakukan dengan menggunakan Kertas kerja yang dipersiapkan panitia untuk menghasilkan akumulasi nilai dari proses pembandingan dan pembahasan yang dilakukan Tim Dewan Juri.
v  Peserta pelajar yang akan mempresentasikan Karya Tulisnya, boleh didampingi Guru Pembimbing dalam acara Presentasi.
v  Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Himapfis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar